Breaking News

Melihat Isi Otak Para Pembunuh Secara Ilmiah



Mengapa para pembunuh begitu kejam? Apa yang ada di dalam otak mereka? Untuk mencari tahu hal tersebut, para ilmuwan berusaha menyelidiki pikiran para pembunuh untuk mengetahui bagaimana mereka dapat membenarkan tindakan kekerasan dan kejahatan.

Scan otak menunjukkan wilayah yang disebut lateral orbitofrontal cortex (OFC) menjadi aktif pada orang-orang yang membenarkan kejahatan. Peneliti mengklaim hasilnya dapat memberikan pengetahuan penting tentang bagaimana orang-orang dalam situasi tertentu, seperti perang, mampu melakukan kekerasan ekstrem terhadap orang lain.

Penelitian yang dipimpin oleh Monash University, meminta relawan untuk bermain video game di mana mereka membayangkan diri mereka menembak warga sipil tak berdosa atau tentara musuh. Dr Pascal Molenberghs kemudian merekam aktivitas otak mereka menggunakan functional magnetic resonance imaging (fMRI) saat mereka bermain.

“Ketika peserta membayangkan diri mereka menembak warga sipil, aktivasi yang lebih besar ditemukan di lateral OFC, area otak penting yang terlibat dalam pengambilan keputusan moral," kata Dr Molenberghs.

Hasil menunjukkan bahwa mekanisme saraf yang biasanya terlibat dengan merugikan orang lain menjadi kurang aktif ketika kekerasan terhadap kelompok tertentu dipandang sebagai hal yang benar.

"Temuan menunjukkan bahwa ketika seseorang bertanggung jawab atas apa yang mereka lihat sebagai kekerasan dianggap benar atau tidak dibenarkan, mereka akan memiliki perasaan bersalah yang berbeda yang terkait dengan itu," kata Dr Molenberghs. "Untuk pertama kalinya kita bisa melihat bagaimana rasa bersalah ini berhubungan dengan aktivasi otak tertentu."

Penelitian ini mengikuti penelitian terpisah tahun lalu yang menemukan sebagian besar tindak kekerasan berasal dari keinginan yang besar untuk melakukan hal yang benar. Studi tersebut berpendapat bahwa banyak serangan kekerasan yang dilakukan sebagai bentuk retribusi, dengan perasaan agresor seolah-olah mereka harus melakukan kejahatan.

"Ketika seseorang melakukan sesuatu untuk melukai diri sendiri atau orang lain, atau membunuh seseorang, mereka biasanya melakukannya karena mereka berpikir mereka harus,” kata Profesor Alan Fiske dari University of California. "Mereka pikir mereka harus melakukannya, bahwa itu adalah hal yang benar untuk dilakukan, bahwa mereka harus melakukannya dan bahwa itu secara moral diperlukan."

Tahun lalu, seorang ahli saraf Jerman juga mengklaim telah menemukan bagian otak ‘jahat’ mana yang mengintai pembunuh, pemerkosa dan perampok.

Ilmuwan Bremen Dr Gerhard Roth mengatakan ‘bagian jahat' itu terletak pada lobus tengah otak dan muncul sebagai massa gelap pada sinar-X. Dia menemukan ketika menyelidiki pelaku yang dihukum akibat tindakan kekerasan selama bertahun-tahun untuk studi pemerintah Jerman.

"Kami menunjukkan orang-orang ini film pendek dan diukur gelombang otak mereka," katanya. "Setiap kali ada adegan brutal dan kotor, subyek tidak menunjukkan emosi. Di daerah otak mana kita membuat kasih sayang dan kesedihan, tidak ada yang terjadi."

Massa gelap di depan otak, katanya, muncul di semua scan orang dengan catatan kekerasan kriminal.

Penelitiannya telah membuatnya percaya bahwa beberapa penjahat memiliki 'genetik kecenderungan' kekerasan.

"Ketika Anda melihat scan otak penjahat, hampir selalu ada kekurangan parah di dahi bagian bawah otak,” katanya menambahkan. "Ada kasus di mana seseorang menjadi penjahat akibat dari tumor atau cedera di daerah itu, dan setelah operasi pengangkatan tumor dilakukan, orang itu benar-benar normal kembali."

Atau ada defisit fisiologis, karena zat-zat tertentu seperti serotonin di otak depan tidak bekerja secara efektif.
loading...