Fungsi Sebenarnya Dari Benjolan Kabel

Pada personal computer (PC) biasanya ditemulan “benjolan” pada kabel yang terkoneksi dengan keyboard, mouse dan kabel monitor. Bentuk seperti ini juga ditemukan pada kabel charger (adapter untuk mengisi baterai) pada laptop, dan dapat pula ditemukan di kabel catu daya pada alat yang menggunakan transformator eksternal seperti printer dan scanner.
“Benjolan” ini disebut ferrite beads atau ferrite chokes. Fungsi dari ferrite beads adalah mengurangi gangguan EMI (electromagnetic interference atau gangguan elektromagnetik) dan RFI (radio-frequency interference atau gangguan frekuensi radio). Ferrite beads berbentuk silinder, berongga, terbuat dari besi oksida dengan beberapa logam lain. Sifatnya semi-magnetik dan dibungkus plastic. Biasanya ditemukan pada ujung kabel.
Komputer adalah perangkat alat yang noise-nya cukup tinggi. Noise ini berasal dari perangkat yang memiliki prosesor dan osilator, yaitu motherboard dan keyboard. Semua osilator yang terdapat pada perangkat computer berpotensi menyiarkan sinyal radio ketika diberikan frekuensi. Noise dapat pula berasal dari kabel yang terkoneksi pada suatu perangkat. Ferrite beads berfungsi melenyapkan sinyal siaran yang diterima kabel tersebut. Dalam ferrite bead sinyal RFI diubah menjadi bentuk panas.
sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11309234

Tag : Tekno
Back To Top